Selasa , Juli 23 2024

Pentingnya Olahraga ditengah Kesibukan

(Ditulis oleh: ALYA FAUZIAH, mahasiswa Prodi S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Meski sibuk berkegiatan seharian dan tidak memiliki banyak waktu luang, sebisa mungkin luangkanlah sedikit waktu Anda untuk berolahraga. Olahraga merupakan pereda stres karena efeknya mampu mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Saat berolahraga, terjadi peningkatan produksi hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa cemas dan stres, sehingga efeknya membuat Anda lebih rileks dan bahagia. Berolahraga dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan beberapa cara. Selain menjadi lebih aktif, kamu juga tidak cepat lelah ataupun terserang penyakit akibat kurangnya aktivitas fisik.

Meskipun sudah mengetahui bahwa berolahraga adalah bagian dari menjalani gaya hidup sehat, tetapi masih banyak yang belum melakukannya. Saat mendengar kata olahraga, banyak yang berpikiran kalau olahraga itu melelahkan dan memakan banyak waktu. Namun sebenarnya, ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk berolahraga secara rutin. 

  1. Bagi Anda yang memiliki waktu 1-2 jam untuk berolahraga, kamu dapat pergi dan latihan di pusat kebugaran yang dekat dari rumah atau kantor kamu. Anda juga bisa berkumpul bersama teman-teman dan bermain basket atau futsal. 
  2. Bagi Anda yang memiliki waktu 30 menit untuk berolahraga, luangkan lah waktu untuk berjalan di sekeliling tempat tinggalmu. Berjalan dapat membantu kamu untuk menjadi semakin sehat dengan meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat tulang, membakar lemak serta memperkuat daya tahan otot. 
  3. Bagi Anda yang memiliki waktu kurang dari 30 menit untuk berolahraga, lakukan lah gerakan-gerakan sederhana di rumah seperti push up, sit up dan jumping jacks selama beberapa menit. Kamu juga bisa melakukan gerakan-gerakan peregangan untuk leher, bahu, punggung, tangan dan kaki saat kamu berada di kantor.

Sesibuk apapun kita, tetap perlu berolahraga. Berolahraga bisa dilakukan dimana saja, tak hanya di jogging track atau mencari lapangan luas untuk melakukan olahraga. Rumah kita sendiri juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga seperti senam atau olahraga ringan lainnya. Manusia yang sering berolahraga akan terlihat lebih sehat dan tentunya lebih bugar daripada masyarakat yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga. Hal yang paling tampak biasanya terletak pada bentuk fisik dari manusia tersebut. Manusia yang jarang berolahraga biasanya memiliki tubuh yang mudah lelah dan tubuhnya akan mengalami perut yang buncit karena lemak yang ada didalam tubuh terlalu banyak dan tidak pernah dikeluarkan seperti keringat. Selain itu, tak jarang dari mereka yang jarang berolahraga akan mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Dapat kita simpulkan bahwa sesibuk apapun aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, perlu kita meluangkan waktu untuk pergi berolahraga. Fasilitas yang sudah disediakan untuk berolahraga sudah banyak, sehingga tidak perlu kesusahan untuk mencari dan mengeluh. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tidaklah cukup. Tubuh akan sehat dan bugar dengan berolahraga. Marilah kita berolahraga!

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *