Selasa , Juli 23 2024

Mari Kenali Penyakit Diabetes Dengan Metode 5W+H

ProSciences.net – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah sebagai sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Sehingga glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Penyakit Diabetes Disebabkan oleh Apa?

Suatu penyakit yang terjadi akibat kegagalan sel pankreas dalam memproduksi insulin. Hormon insulin inilah yang berfungsi dalam mengatur penggunaan gula untuk aktivitas sel-sel di dalam tubuh. Apa ciri-ciri kadar gula tinggi? Gejala gula darah tinggi yang langka ini di antaranya mual, muntah, bingung, sakit perut, sesak napas, sampai napas berbau tak sedap. kalau tidak segera mendapatkan penanganan medis tepat, gula darah tinggi yang sudah masuk fase ketoasidosis diabetik ini bisa berdampak fatal.

Mengapa Gula Bisa menyebabkan Diabetes?

Alasan Gula bisa sebabkan diabetes? Diabetes terjadi ketika tubuh tidak lagi mampu mengatur kadar gula darah secara efektif. Kondisi ini terjadi saat pankreas berhenti memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, ketika sel-sel menjadi resisten terhadap insulin yang diproduksi, atau gabungan keduanya.Apakah penderita diabetes tidak boleh makan gula sama sekali?Penderita diabetes masih tetap diperbolehkan mengonsumsi makanan manis tetapi dengan kadar atau takaran yang sesuai. Faktanya, berhenti mengonsumsi gula justru berbahaya bagi kondisi tubuh. Penderita diabetes yang tidak mengonsumsi gula sama sekali justru berisiko terserang hipoglikemia. Berapa batas konsumsi gula dalam sehari? Di Amerika, American Heart Association (AHA) mengungkapkan bahwa batas asupan gula harian pada kondisi normal yang direkomendasikan adalah 36 gram (9 sendok teh) untuk pria dewasa, 24 gram (6 sendok teh) untuk wanita dewasa, dan kurang dari 24 gram (6 sendok teh) untuk anak-anak usia 2 hingga 18 tahun.

Apakah Diabetes bisa Disembuhkan secara Total?

Sayangnya, diabetes tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, kadar gula darah Anda mungkin saja turun hingga taraf normal. Diabetes adalah kondisi tingginya kadar glukosa dalam darah. Kapan seseorang divonis diabetes? Jika kadar gula darah puasa sudah lebih dari 125 mg/dl, maka seseorang sudah dikatakan mengidap penyakit diabetes. Apa yang dirasakan pada seseorang yang menderita penyakit diabetes? Gejala yang umumnya dirasakan oleh penderita gula darah tinggi atau diabetes melitus tipe 2 adalah: Polifagia (keinginan untuk makan terus- menerus atau cepat merasa lapar) Poliuria (produksi urine berlebih, yaitu lebih dari 2,5 liter dalam 24 jam) Polidipsi (rasa haus berlebihan). Gejala kaki diabetes ini awalnya ditandai dengan peradangan, kemerahan, dan bengkak. Saat bengkak kaki semakin membesar, penderita diabetes biasanya mulai merasakan nyeri hingga akhirnya tulang di bagian kaki yang membengkak pun bergeser dan retak. Kondisi ini sering menyerang bagian atas kaki dekat pergelangan.

Mengapa Orang yang Terkena Diabetes Badannya semakin Kurus?

Proses penyaringan ini membuat tubuh membutuhkan energi tambahan sehingga menyebabkan semakin banyak cadangan lemak dan otot yang dipecah. Inilah alasan mengapa penderita diabetes mengalami penurunan berat badan sehingga tubuhnya pun menjadi kurus.Apa gejala diabetes pada wanita?Kondisi ini dapat menyebabkan gejala diabetes secara umum baik bagi pria maupun bagi wanita, seperti kelelahan, sering buang air kecil, luka sulit sembuh, cepat lapar dan haus, atau penglihatan buram. Selain dari gejala umum, terdapat beberapa gejala khas yang terjadi pada wanita. Apakah penyakit diabetes bisa menyebabkan kematian?Jika penderita diabetes memasukkan terlalu banyak insulin dan gula darah turun, itu dapat menyebabkan kejang, koma, dan kematian.

Apa yang harus Dilakukan Jika Sudah Terkena Diabetes?

Mari kita lihat 7 langkah sederhana nya…….!

  1. Kurangi Minuman Manis.
  2. Ganti Sumber Karbohidrat.
  3. Perhatikan Porsi Makan.
  4. Minum Obat Sesuai Instruksi Dokter.
  5. Rutin Olahraga.
  6. Kontrol Gula Darah.
  7. Hindari Rokok YAAAA

Mitos: Diabetes disebabkan oleh makan terlalu banyak gula. Fakta: Makanan manis, segelas soda, dan makanan olahan secara langsung tidak meningkatkan risiko diabetes. Semua hal ini meningkatkan risiko obesitas, yang dapat menyebabkan diabetes. Tapi makan terlalu banyak gula bukanlah penyebab diabetes.

(Ditulis Oleh : ALDI ILHAMSYAH – Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia Maju, Jakarta)

About ProSciences

2 comments

  1. Terimakasih atas artikelnya , menambah wawasan saya tentang penyakit diabetes

  2. Hai… Aldi, salam 1 payung UIMA… Sebelum nya terima kasih atas artikel mengenai Diabetes ini.. karena artikel ini telah menambah wawasan saya tentang penyakit diabetes dan serta apa saja yg terkait dengan Diabetes.. Tapi alangkah baik nya kedepan nya di tambahkan juga Referensi dari artikel ini.. Sehingga pembaca bisa mengetahui lebih dalam terkait penyakit diabetes..
    Salam.. 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *