Sabtu , Maret 2 2024

Hidup Sehat dengan Buah dan Sayur

(Ditulis oleh: MARIA DESI NATALIA, mahasiswa S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Tubuh memerlukan berbagai zat gizi seperti mineral dan vitamin agar tubuh dapat melakukan aktivitas  sehari-hari dengan baik, gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasan sejak dari bayi sampai dengan lansia, kebutuhan minimal sebesar 120kkal/ kapita/ hari. Kita harus menyempatkan diri menerapkan pola hidup sehat salah satu caranya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang dapat kita konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan yang ada disekitar kita tanpa perlu mengocek saku terlalu dalam untuk membeli :

  1. Pisang

Pisang memiliki rasa yang manis dan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, kandungan nutrisi yang ada pada pisang seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B, serat, kalium dan magnesium. Manfaat pisang bagi tubuh adalah sebagai sumber energi, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, meredakan tukak lambung, menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat dari pisang tersebut maka sebaiknya di imbangi dengan pola hidup sehat.

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat umum dikonsumsi dan sangat mudah kita dapatkan baik dipasar maupun disupermarket. Buah ini banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium, magnesium, potassium. Selain vitamin dan mineral pepaya juga mengandung antioksidan. Manfaat dari papaya menjaga kesehatan mata, memelihara kesehatan rambut dan kuku, melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit

  1. Alpukat

Buah alpukat memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, beragam manfaat dan nutrisi yang tekandung di dalam buah ini dan tidak perlu diragukan lagi. Buah berwarna hijau ini memiliki kandungan lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal, selain mengandung lemak baik alpukat juga mengandung kalium, magnesium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K. Manfaatnya memelihara kesehatan jantung, menjaga berat badan, mengatasi sembelit, menjaga kesehatan mata, mengurangi resiko terjadinya kanker, mencegah radang pada sendi, mengontrol tekanan darah. Alpukat dapat dikonsumsi secara langsung maupun dapat di buat es atau jus.

  1. Labu Siam

Sayuran ini dapat dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya maupun dapat di kupas kulitnya, rasanya yang manis dan enak membuat sayur ini mudah untuk diolah dan memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah dengan sayur lainnya. Labu siam mengandung karbohidrat, serat, protein, mineral, vitamin C, kalsium, natrium, besi dan juga folat. Manfaat dari labu siam/labu jipang ini yaitu mengendalikan kadar kolesterol dan berat badan, mengontrol tekanan darah tinggi, mengatasi anemia, antikanker

  1. Kelor 

Sejak ribuan tahun silam manfaat dari daun kelor sudah diketahui, tanaman ini diambil daunnya untuk direbus atau dibuat jamu. Pohon ajaib merupakan istilah untuk tanaman ini kerap dijadikan suplemen baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul, tanaman ini mengandung protein, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, mineral, kalsium, kalium, zat besi dan magnesium, antioksidan. Manfaatnya menjaga daya tahan tubuh, melancarkan produksi ASI, mengontrol kadar gula darah, menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kesehatan jantung. 

Apabila sedang menjalani pengobatan tertentu sebaiknya kelor tidak dikonsumsi karena beresiko menimbulkan efek interaksi obat. Untuk mengurangi kemungkinan terkena berbagai macam penyakit dimasa depan maka kita perlu mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi sejak dini.

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *