Selasa , Juli 23 2024

Tips yang Perlu Kamu Tahu dalam Penggunaan Zoom Meeting

JAKARTA – Pandemi belum berakhir, kita masih dihadapkan dengan budaya yang baru, #WorkFromHome atau WFH, belajar dari rumah atau kelas online, meeting dan berbagai aktivitas lain yang dilakukan di dunia maya. Berbagai platform menjadi pilihan sebagai sarana atau tools dalam melakukan aktivitas tersebut, salah satunya adalah Zoom Meeting. Aplikasi ini sangat banyak digunakan dan memiliki berbagai fitur menarik. Tidak hanya untuk pendidikan tetapi juga perusahaan untuk menjamin kolaborasi yang optimal. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas bagaimana teknik praktik terbaik untuk menggunakan Zoom seefektif mungkin.

Laman Zoom Meeting (https//:zoom.us)

Video dan Audio

Pertama, mari kita bicara tentang video dan audio Anda.

  • AKTIFKAN video Anda. Video sangat penting dalam membangun kepercayaan dan keterlibatan dalam komunikasi virtual. Jangan lewatkan langkah ini hanya karena Anda tidak menyukai penampilan rambut Anda hari ini, kecuali jika latar belakang tempat yang mengganggu.
  • Uji video dan audio Anda sebelum rapat di zoom.us/test.
  • Lihat kamera. Hal ini perlu dibiasakan karena Anda ingin melihat wajah peserta lain (dan jujur ​​saja, wajah Anda sendiri), tetapi cobalah untuk melihat ke kamera saat Anda sedang berbicara. Taktik ini akan meniru perasaan kontak mata secara langsung. Sangat penting untuk mengukur reaksi dengan melihat layar, tetapi bergantian dengan melihat ke kamera membuat penonton merasa seperti Anda benar-benar berbicara dengan mereka.
  • Jika memungkinkan, cobalah untuk menggunakan kamera dan headset berkualitas baik daripada yang ada di komputer Anda. Zoom berfungsi dengan baik dengan built-in, tetapi kualitasnya bahkan lebih tajam dengan perangkat keras berkualitas lebih tinggi.
  • Sesuaikan kamera Anda jika terlalu rendah atau tinggi. Hanya tukang cukur Anda yang ingin menatap bagian atas kepala Anda. Kamera Anda harus setinggi mata. Aturlah posisi dengan baik.
  • Jika bisa, sambungkan ke internet melalui kabel ethernet. Sebenarnya Zoom akan bekerja dengan baik pada nirkabel dan jaringan 3G, tetapi kualitasnya paling baik pada koneksi internet kabel yang solid, jadi sambungkan saat Anda bisa. Jika tidak, pastikan Anda memiliki Wi-Fi yang dapat digunakan.

Etika dalam Rapat Online via Zoom

Ada beberapa aturan umum kesopanan (etika) untuk rapat dalam bisnis virtual (dan secara langsung).

  • Jika Anda bisa, tunda lah makan selama pertemuan Anda. Hal ini menjadi kebiasaan buruk bagi kita sebab menyepelekan pertemuan online, apalagi jika sedang berada di rumah. Bayangkan betapa tidak menariknya melihat seseorang menyeruput sepiring spageti dari dekat di layar lebar. Jika Anda bisa, makanlah saat rapat Anda selesai.
  • Meski menggoda, usahakan jangan terlalu banyak multitasking. Dan jika ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, setidaknya bisukan (mute) audio Anda.
  • Anda tidak perlu terlalu siap untuk rapat yang tidak Anda selenggarakan, tetapi cobalah untuk tepat waktu, dengan melihat agenda.
  • Menahan diri dari perilaku pribadi – yaitu menggaruk ketiak, mengorek hidung. Kami bisa melihatmu!

Baca juga : Tampil Percaya Diri saat Meeting via Zoom, Ini Caranya!

Pertimbangkan Lingkungan

Anda perlu tahu bahwa lingkungan Anda bercerita banyak tentang Anda. Mari kita pastikan bahwa lingkungan Anda aman saat menyelenggarakan meeting via Zoom.

  • Pakaian yang kotor bertumpuk, tempat tidur yang belum dirapikan, dan lain sebagainya memberikan kesan bahwa Anda bukan seorang profesional yang bisa dipercaya dengan pekerjaan yang serius. Bersihkan dan aturlah latar belakang yang sederhana (dinding polos, tanaman pot, atau rak buku). Zoom juga menyediakan latar belakang virtual untuk membantu Anda menyamarkan lingkungan yang paling berantakan sekalipun.
  • Lampu, kamera, aksi! Catatan, item pertama di sini adalah LIGHTS. Posisikan diri Anda sehingga sebagian besar cahaya datang dari depan Anda (di belakang monitor Anda), bukan dari belakang Anda. Jika Anda memiliki jendela di belakang Anda, tutuplah tirainya. Jika tidak, Anda akan mendapatkan cahaya latar (back-light).
  • Hewan seperti anjing yang menggonggong. Lalu membanting pintu tidak hanya mengganggu secara langsung, tetapi juga mengganggu melalui Zoom! Temukan tempat yang tenang untuk bertemu, tutup pintu, dan diamkan diri Anda seperlunya.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda ketahui dan perhatikan saat melakukan aktivitas via online, salah satunya ketika berada di dalam ruang Zoom Meeting. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!

About Toshiyuki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *