Sabtu , Juni 22 2024

Tampil Percaya Diri saat Meeting via Zoom, Ini Caranya!

Jakarta – Apakah Anda salah satu yang merasa cemas untuk mengikuti Zoom meeting? Berikut adalah beberapa tips tentang cara untuk tampil dan merasa lebih percaya diri saat mengikuti video conference seperti Zoom meeting.

Di Era Digital ini, segala aktivitas sudah terbantukan oleh teknologi, bekerja bahkan bisa dari rumah, belajar dari rumah, dan pertemuan serta rapat semakin banyak dilakukan secara online. Selain itu, dengan adanya perubahan budaya ini, juga membuka peluang kerja jarak jauh. Ternyata hal tersebut tidak hanya memberikan kemudahan, tapi ada efek samping yang ditimbulkan salah satunya banyak yang tidak percaya diri ketika tampil via Zoom meeting.

Untungnya, itu bukan tugas yang mustahil. Berikut adalah semua cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk mencoba terlihat lebih percaya diri dalam Zoom meeting.

1. Aturlah Pencahayaan yang Baik

Salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk terlihat lebih percaya diri di Zoom Meeting adalah berinvestasi dalam pencahayaan. Baik itu lampu kotak, lampu cincin, atau lampu meja, kecerahan dapat memengaruhi seberapa percaya diri Anda terlihat dalam rapat online. Hal ini juga dapat menambah kesan positif bagi lawan bicara Anda dibalik layar.

Selain menjadi cara yang baik untuk mengatasi ketegangan mata, cahaya eksternal dapat membantu Anda tampil lebih segar dan menonjol dari peserta lainnya. Selain menambahkan lampu eksternal, Anda juga sebenarnya dapat mengatur pencahayaan melalui fitur yang ada pada aplikasi Zoom meeting.

Jika Anda bekerja di area yang remang-remang, Anda dapat menggunakan fitur Low Light Zoom untuk meningkatkan pencahayaan Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Zoom desktop Anda. Atau kunjungi zoom.us.
  • Pilih Pengaturan.
  • Klik Video.
  • Centang kotak di sebelah Adjust for Low light.

2. Perhatikan Penampilan Anda

Bagi kebanyakan orang, meningkatkan kepercayaan diri dapat dilakukan dengan menyukai penampilan kita. Dengan ini, penting untuk mengenakan pakaian yang membuat Anda nyaman. Jika itu pilihan Anda, Anda juga dapat menggunakan make up agar tidak terlihat pudar di depan kamera.

Jika Anda memerlukan sedikit bantuan lagi, Anda juga dapat menggunakan Zoom untuk membantu menghaluskan noda atau kantung mata Anda sehingga Anda lebih siap melakukan presentasi atau meeting Zoom pada saat itu.

Cara Menyempurnakan Penampilan Anda di Zoom dengan mengaktifkan fitur Touch Up My Appearance.

  • Buka aplikasi Zoom desktop Anda.
  • Pilih Pengaturan.
  • Klik Video.
  • Centang kotak di samping Touch Up My Appearance.

Setelah Anda merasa pede dan berpenampilan terbaik, Anda sekarang dapat melanjutkan untuk memastikan bahwa Anda memproyeksikan diri Anda sesuai dengan postur Anda.

3. Berlatih Postur Duduk yang Benar

Baik itu secara langsung atau online, postur merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar kepercayaan diri kita tetap terjaga dan meningkat dalam pertemuan apa pun. Bahkan jika rapat dilakukan secara online, peserta masih dapat melihat bahasa tubuh Anda dan posisi tubuh Anda secara keseluruhan.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri selama rapat Zoom, hindari menyilangkan tangan, membungkuk, dan meletakkan kepala di dagu. Jika memungkinkan, pilihlah untuk duduk tegak dan dada tetap terbuka. Jika Anda ingin melibatkan orang lain lebih jauh, Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk bergerak ketika mencoba membuktikan suatu hal. Dengan postur duduk yang benar, Anda tidak hanya mencegah sakit punggung, tetapi juga memudahkan Anda untuk memproyeksikan suara dan informasi yang Anda akan sampaikan.

4. Tingkatkan Kualitas & Pengaturan Mikrofon Anda

Mungkin sulit untuk menganggap serius seseorang ketika suaranya tidak terekam dengan baik di video. Dengan ini, ada beberapa alasan mengapa mikrofon seseorang tidak terdengar benar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Modulasi yang salah (terlalu lembut atau terlalu keras).
  • Kualitas mikrofon yang buruk.
  • Banyak kebisingan latar belakang atau statis.

Untuk mengatasi masalah kualitas mikrofon yang buruk, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Selain menggunakan mikrofon atau headset eksternal yang bagus, Anda juga dapat melakukan Zoom meeting pada area tertentu di rumah dengan akustik yang lebih baik.

Dalam beberapa kasus, suara statis juga dapat disebabkan oleh kabel headset yang kurang baik, posisi elektronik Anda, atau sambungan mikrofon ke perangkat Anda. Jika Anda tidak yakin, yang terbaik adalah mencoba secara sistematis untuk mensimulasikan rapat Zoom.

Untuk melakukannya, mintalah seorang teman untuk mendengarkan suara Anda, seperti tingkat kenyaringan, statis, dan sebagainya. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan umpan balik aktual dari seseorang yang mendengar Anda dari sisi lain layar. Dari sana, Anda dapat bekerja perlahan untuk mendapatkan kualitas audio terbaik di Zoom.

5. Kontak Mata Dengan Kamera ketika Berbicara

Saat melakukan diskusi atau obrolan di kehidupan nyata/ meeting offline, kontak mata adalah kunci untuk membuat orang tetap terlibat dalam percakapan. Namun, sulit untuk ditiru, terutama pada kamera. Bagi sebagian besar dari kita, kita melihat ke wajah orang yang kita ajak bicara selama panggilan video. Sayangnya, ini sering terlihat di kamera seperti kita sedang melihat ke arah bawah. Dengan ini, mungkin tampak seolah-olah kita menghindari kontak mata dengan orang-orang dalam pertemuan itu. Dalam banyak hal, hal ini dapat membuat kita tampak lemah lembut atau menghalangi kita saat ingin berbicara.

Untuk mensimulasikan pengalaman menatap mata seseorang selama rapat Zoom, Anda dapat melihat langsung ke kamera saat berbicara. Saat melakukan ini, Anda dapat berpura-pura bahwa kamera adalah mata orang yang Anda ajak bicara.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat memposisikan kamera sedikit di bawah ketinggian mata. Selain membantu menciptakan ilusi kontak mata, ini juga dapat mengatur tingkat ketinggian monitor yang optimal. Jika Anda khawatir tidak dapat melihat reaksi orang yang Anda ajak bicara, Anda juga dapat sesekali melirik ke layar.

Terlihat Lebih Percaya Diri di Kamera untuk Semua Rapat Zoom

Untuk tampil percaya diri di Zoom, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Mulai dari melengkapi peralatan tambahan, sampai dengan menyesuaikan pengaturan pada aplikasi Zoom, hal-hal kecil ini dapat ditambahkan untuk membuat Anda terlihat seperti orang yang lebih percaya diri di layar.

Sumber: Quina Baterna (via makeuseof.com)

About Toshiyuki

One comment

  1. Pingback: Tips yang Perlu Kamu Tahu dalam Penggunaan Zoom Meeting – ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *