Sabtu , Maret 2 2024

Benarkah Diet Protein Tinggi bisa Menurunkan Berat Badan?

(Ditulis oleh Friska Nur Aini, mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Indonesia Maju)

Protein sudah lama dikaitkan dengan penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, misalnya dengan diet Paleo dan Atkins, akan membuat orang merasa kenyang lebih lama. Pakar gizi Universitas Aberdeen, Alex Johnstone, menyebut memang ada bukti bahwa protein akan memperlama rasa kenyang. Sehingga, jika Anda memang berniat menurunkan berat badan, maka cobalah untuk memakan makanan berprotein tinggi saat sarapan. Misalnya dengan menaruh kacang-kacangan di atas roti.

Johnstone menyarankan bagi mereka yang kelebihan berat badan untuk mengasup makanan tinggi protein dengan tingkat karbohidrat sedang. Komposisinya kira-kira 30% protein, 40% karbohidrat dan 30% lemak. Sementara pola makan biasa mengandung 15% protein, 55% karbohidrat dan 35% lemak. Namun, jelas, hanya dengan menaikkan asupan protein saja, tidak akan membuat Anda kurus. Anda juga harus memilih daging yang lebih minim lemak, misalnya daging ayam dan ikan.

Tapi di sisi lain, studi juga menunjukkan bahwa makanan terlalu banyak protein hewani, terutama daging merah juga akan meningkatkan peluang mengidap kanker dan sakit jantung. Walau bagaimanapun, risiko yang ditimbulkan karena mengkonsumsi terlalu banyak protein, tidaklah besar. Risiko hanya pada kantong, yang akan semakin menipis. Tidak hanya itu, selain membuat dompet tipis, “protein yang terlalu banyak juga hanya akan terbuang sia-sia di toilet”, pungkas Johnstone. Berikut beberapa contoh makanan untuk diet tinggi protein:

  1. Telur
    Jika berdasarkan para ahli gizi, mengkonsumsi telur sangatlah penting demi memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Sebab, kandungan protein dan juga nutrisi yang terdapat dalam telur sangatlah kompleks. Itu yang akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh. Disarankan untuk memilih telur bagian putihnya saja. Karena, pada bagian kuning telurnya diketahui memiliki kandungan yang berpotensi menimbulkan kolesterol yang tidak sedikit. Terutama jika kondisi kamu memang sudah memiliki penyakit jantung dan kolesterol maka hati-hati. Lebih baik pilih telur bagian putihnya saja. Selain itu, mengkonsumsi telur bisa memberikan efek metabolisme yang meningkat, dan membantu kinerja otak jadi lebih maksimal dan akan membuat kamu merasakan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.
  2. Ikan
    Ikan laut merupakan makanan yang cocok untuk kamu konsumsi selama dalam program diet sehat. Justru, mengkonsumsi ikan laut seperti ikan salmon akan jauh lebih sehat daripada mengkonsumsi daging sapi maupun daging kambing. Alasannya adalah ikan laut memiliki kandungan lemak sehat dan kandungan protein yang lebih tinggi.Lemak yang sehat dalam kandungan ikan laut adalah asam lemak omega 3. Ini akan sangat cocok bagi kamu yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Lemak yang ada dalam ikan laut tidak akan menimbulkan penumpukkan lemak.
  3. Daging Ayam
    Pertama-tama, kamu bisa mengkonsumsi daging ayam namun tidak dengan bagian kulitnya. Sebagaimana yang telah kamu ketahui, kulit ayam memiliki kandungan lemak yang jika Ada konsumsi hanya akan menambah lemak dalam tubuh.Sangat direkomendasikan untuk program diet harus mengkonsumsi daging ayam bagian dada, bahkan dalam 100 gram daging ayamnya saja memiliki kandungan protein sebesar 18,3 gram. Tentu saja, dalam proses pengolahan dagingnya pun harus dengan cara sehat (panggang dan tumis).
  4. Daging Sapi
    Sebagaimana yang kamu tahu bahwa daging sapi juga memiliki bagian lemak yang jika ikut diolah dan dikonsumsi akan menimbulkan aroma wangi dan gurih khas lemak daging sapi. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging sapi yang disertai dengan lemaknya ketika kamu sedang diet.
  5. Sayur-Sayuran 
    Berbagai macam sayuran hijau yang baik untuk menjaga diet kamu tetap sehat dan berhasil. Kamu bisa mulai dengan mengkonsumsi sayur brokoli, sawi, kemudian coba pakcoy, buncis, bayam, selada ada juga wortel yang akan sangat baik dan cocok untuk kamu yang sedang diet. Sayur mayur dikenal dengan kandungan protein yang cukup dan serat yang tinggi. Selain itu, sayur juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, maka bagus untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *