Sabtu , Juni 22 2024

Cara Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang Sering Terjadi

(Ditulis oleh Yeni Septiani, mahasiswi Prodi S1 Keperawatan UIMA Jakarta)

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan virus dengue. Penyakit tersebut merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia karena pravelensinya yang tinggi dan penyebarannya semakin luas. Penyakit DBD ini sering kali meningkat di musim hujan karena banyaknya genangan air di lingkungan sekitar, sehingga menjadi tempat bersarang nyamuk. Demam Berdarah Dengue disebut juga dengan istilah Dengue Hemoragic Fever (DHF) pertama kali dilaporkan di Indonesia pada tahun 1968. Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD terjadi hampir setiap tahun di beberapa provinsi, bahkan pernah terjadi KLB besar tahun 1998 dan 2004 dimana jumlah kasus mencapai 79.480 kasus dengan angka kematian 800 jiwa.

Cara Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang Sering Terjadi

Apakah Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa menular? Penyakit Demam Berdarah (DBD) bisa saja menular, namun tidak bisa menular secara langsung dari satu orang penderita ke orang di sekitarnya. Penularan DBD ini hanya bisa terjadi melalui perantara nyamuk Aedes Aegypti betina yang terinfeksi virus Dengue. Beberapa cara penularan Demam Berdarah Dengue (DBD):

1. Penularan dari Nyamuk ke Manusia

Nyamuk menjadi terinfeksi ketika mereka menggigit orang yang terinfeksi virus. Nyamuk yang terinfeksi kemudian dapat menyebarkan virus ke orang lain melalui gigitan. Waktu yang dibutuhkan dari menelan virus hingga transmisi sebenarnya ke inang baru disebut periode inkubasi ekstrinsik (EIP). EIP membutuhkan waktu sekitar 8-12 hari ketika suhu sekitar antara 25-28ยฐC.

2. Ibu Hamil ke Bayi yang di Kandung

Seorang wanita hamil yang sudah terinfeksi dengue dapat menularkan virus ke janinnya selama kehamilan atau sekitar waktu kelahiran. Ketika seorang ibu memiliki infeksi DENV saat dia hamil, bayi mungkin menderita kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan gawat janin.

Tanda dan Gejala terkena Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Setelah seseorang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) maka akan muncul tanda dan gejala penyakit tersebut. Namun, Banyak orang tidak mengalami tanda atau gejala infeksi demam berdarah dengue. Ketika gejala benar-benar terjadi, mereka disalah artikan sebagai penyakit lain, seperti flu. Biasanya gejala akan muncul mulai empat hingga 10 hari setelah seseorang digigit nyamuk. Penyakit ini bisa menyebabkan demam tinggi hingga 40ยฐC. Selain itu, beberapa gejala lainnya adalah:

  • Sakit kepala
  • Nyeri otot, tulang atau sendi
  • Mual dan muntah
  • Sakit di belakang mata
  • Kelenjar bengkak
  • Ruam

Kebanyakan orang bisa pulih dalam waktu seminggu atau lebih. Dalam beberapa kasus, gejalanya memburuk dan dapat mengancam jiwa. Ini disebut demam berdarah parah, demam berdarah yang parah terjadi ketika pembuluh darah menjadi rusak dan bocor. Kondisi ini akan menyebabkan jumlah sel pembentuk gumpalan (trombosit) dalam aliran darah turun. Hal ini dapat menyebabkan syok, perdarahan internal, kegagalan organ dan bahkan kematian.

Tanda-tanda peringatan demam berdarah yang parah dan merupakan keadaan darurat dapat berkembang dengan cepat. Tanda-tanda peringatan biasanya dimulai satu atau dua hari pertama setelah demam hilang, termasuk: 1) Sakit perut parah; 2) Muntah terus-menerus; 3) Perdarahan dari gusi atau hidung; 4) Darah dalam urin, tinja, atau muntahan; 5) Pendarahan di bawah kulit, yang terlihat seperti memar; 6) Pernapasan yang sulit atau cepat; 7) Kelelahan; dan 8) Iritabilitas atau kegelisahan.

Selain itu ada banyak cara untuk mencegah terjadinya penularan Demam Berdarah Dengue (DBD)

  1. Menguras bak mandi seminggu sekali
  2. Bersihkan wadah penampung air
  3. Pasang kelambu nyamuk
  4. Jangan menumpuk atau menggantung baju apalagi baju basah
  5. Gunakan lotion nyamuk
  6. Gunakan pakaian tertutup
  7. Bersihkan lingkungan rumah
  8. Vaksin DBD

About ProSciences

14 comments

  1. M Yogi Priansyah SH

    Setelah membaca inii saya bakal lebih berhati hati dan lebihh waspada dan segara mencegah sebelum terjadi ๐Ÿ˜‡

  2. keren banget, bisa jadi pengetahuan kita semua, sukses terus tehh๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿค๐Ÿ™†๐Ÿปโ€โ™€๏ธ proud of youu!!

  3. MASYA ALLAH, banyak memberi ilmuuu, semoga kita semuaaa bisa terhindar dari penyakit DBD๐Ÿค—

  4. Sangat bermanfaat sekali kak

  5. Nabila Nurlatifa Zahra

    Terimakasih kakak , bermanfaat sekalii

  6. Terimakasih informasinya ๐Ÿ‘๐Ÿป

  7. Mizan hafidh al-hamdy

    Terimakasih atas wawasan yang di berikan untuk kami yang belum mengetahuinya.

  8. Azka Putra Nugraha

    Trimakasih sudah memberitahu tentang DBD
    Semoga semua nya waspada tentang DBD dan bisa sehat jasmani๐Ÿ™โœŠ

  9. Muhamad Ilham

    Informasi yg sangat bermanfaat!!! Terimaskasih

  10. Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat.

  11. Deni Wahyudin

    Terimakasih informasinya ๐Ÿ‘

  12. Makasih atas impormasi nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *