Sabtu , Juni 22 2024

Kayu Manis dengan Segala Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

(Ditulis oleh: NOVIE INDAH WULANNDARI, mahasiswa S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Cinnamomum zeylacinum atau yang biasa disebut dengan kayu manis yaitu sejenis rempah-rempahan yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon dari genus cinnamomum. Rempah ini memiliki aroma yang kuat dengan rasa manis dan pedas. Kandungan dalam kayu manis ini terdiri dari energi, protein, karbohidrat, serat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin a, vitamin b, vitamin k, anti bakteri, anti radang, serta zat-zat yang memiliki efek antioksidan seperti polifenol. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis ini memiliki beberapa khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Khasiat kayu manis untuk kesehatan tubuh sebagai berikut:

  1. Melawan bakteri dan jamur

Kandungan anti bakteri dan anti jamur pada kayu manis dapat mencegah berbagai penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur, seperti bakteri E.coli serta salmonella. Sifat anti bakteri dan anti jamur juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut, dan mencegah kerusakan pada gigi.

  1. Menurunkan gula darah

Kandungan cinnamon yang terdapat dalam kayu manis berguna untuk membantu menurunkan gula darah puasa pada pengidap diabetes tipe 2 dan prediabetes, hal ini karena rempah pada kayu manis mampu membuat tubuh merespon hormon insulin.

  1. Untuk kesehatan jantung

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde dan cinnamic acid yang baik untuk jantung. Senyawa ini mampu menstabilkan tekanan darah, melemaskan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol dan lemak pada darah. 

  1. Memperkuat kekebalan tubuh 

Sifat anti inflamasi pada kayu manis bekerja secara efektif untuk memperkuat kekebalan tubuh. Sifat anti peradangan ini mampu membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. 

  1. Untuk kesehatan otak

Manfaat kayu manis yang satu ini dapat membantu melindungi neuron, meningkatkan fungsi motorik, dan mencegah penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer. 

  1. Menurunkan berat badan 

Manfaat rebusan kayu manis ini dapat membantu dalam penurunan lemak, pengurangan lingkar pinggang, membantu mengurangi respon negatif terhadap makanan berlemak tinggi yang dapat menyebabkan naiknya berat badan. 

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan dari kayu manis dapat meningkatkan kolagen, elastisitas, dan hidrasi pada kulit sehingga dapat mencegah terjadinya kerutan-kerutan halus pada wajah dan penggelapan kantung mata. Selain itu, sifat anti bakteri juga dapat melindungi kulit dari bakteri dan kuman penyebab jerawat. 

Meskipun kayu manis ini terdapat beberapa manfaatnya, namun jika di konsumsi terlalu banyak dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  • Reaksi alergi, kayu manis mengandung senyawa yaitu cinnamaldehyde yang dapat berpotensi menimbulkan resiko alergi 
  • Gangguan pernafasan, seperti sesak nafas 
  • Iritasi pada mulut dan gigi seperti stomatitis
  • Resiko kerusakan pada hati

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak kayu manis dapat beresiko menimbulkan toksisitas atau kerusakan hati karena salah satu kandungan yang terdapat pada kayu manis yaitu kumarin. Kumarin adalah zat yang bersifat racun bagi hati jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

About ProSciences

13 comments

  1. Sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan

  2. Terima kasih ka info tentang kayu manis nya 🤲🏻

  3. Putri yolanda yusup

    Bermanfaat sekali ka🥰

  4. Muhammad Arkan

    Bermanfaat sekwli

  5. iseng searching, ketemu ini berguna bangetttttt

  6. Emma ELrahmat

    Pas banget lagi banyak kayu manis dirumah, jadi aku suruh satu keluarga makan xixixixi

  7. Artikel yang sangat bermanfaat sekali terkait kayu manis, terimakasih kaka

  8. Sangat bermanfaat sekali ka

  9. Wah sangat berguna sekali

  10. Indra Sabila Lokra

    Asli ini unfo berguna banget abis main mobile legend langsung liat info ini, berguna banget

  11. Terimakasih ilmu pengetahuan nya sangat mudah di pahami, sangat membantu dan bermanfaat

  12. Terima kasih ilmunya

  13. Lidiya maulidiyah

    Berguna sekali info nya, makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *