Sabtu , Juni 22 2024

Menjaga dan Merawat Kesehatan Mata

(Ditulis oleh: VIRANTI BIBI ZORAH, mahasiswa S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Mata adalah panca indera manusia yang sangat penting/ esensial. Dapat dibayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan, kita tidak dapat menikmati dan merasakan betapa indahnya alam semesta ini. Kenyataannya kita sering lupa untuk melakukan perawatan mata padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah kesehatan.

Studi yang dilakukan oleh Eye Disease Prevalence Research Group (2004) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta jiwa. Apa saja hal buruk yang dapat merusak keindahan mata anda? Simak info berikut, agar Anda dapat menghindari beberapa tindakan yang dapat merusak mata Anda. Dengan demikian Anda akan mendapatkan mata yang tetap sehat dan indah.

Tindakan yang Merusak Mata

  • Berlama-lama di depan layar monitor 

berlama lama di layar monitor seperti komputer,laptop.handphone dan sebagainya yang akan membuat mata anda lelah dan jika hal tersebut di biasalan tidak segera diatasi,maka hal ini akan menjadi pemicu rusak nya mata anda.

  • Akibat paparan sinar UV

paparan sinar uv yang mengenai langsung kontak mata anda akan membuat mata terasa sakit dn memicu kerusakan mata anda

  • Menonton TV terlalu lama dengan jarak terlalu dekat

Televisi memiliki beragam jenis warna mulai dari yang soft hingga yang mencolok dan hal ini lah yang membuat mata sangat mudah lelah terlebih jika melihatnya dengan jarak dekat

  • Membaca buku sambil tiduran

Ketika anda membaca buku,maka sebaiknya menghindari membaca buku dengan posisi tidur karena hal ini juga dapat merusak mata anda.

  • Memakai kontak lensa secara tidak benar

Lensa yang kotak yang kotor atau digunakan secara tidak benar bisa menyebabkan permukaan kornea mata tergores. Sebisa mungkin jangan gunakan lensa kontak lebih dari 8 jam  karena pemakaian  dalam waktu terlalu lama akan membuat mata terasa tidak nyaman dan juga membuat bakteri berkembang.

PERAWATAN KESEHATAN MATA

Agar mata bisa terjaga kesehatannya, ada baiknya kita melakukan tips perawatan kesehatan mata berikut ini :

  1. Periksa mata setiap 12 bulan 
  2. Kacamata anti-UV
  3. Nutrisi untuk Mata
  4. Penggunaan cahaya yang cukup
  5. Istirahatkan mata Anda
  6. Cari lensa kontak dengan kualitas baik
  7. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
  8. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata

Tentunya masih banyak hal lain yang dapat merusak mata Anda, maka dari itu anda harus benar benar merawat mata Anda dengan sebaik baiknya. Yuk jaga dan rawat mata kitaa untuk melihat dunia yang lebih indah!

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *