Selasa , Juli 23 2024

Manfaat Jam Kesehatan untuk Olahraga Sehari-hari

(Ditulis oleh: MAYANIH, mahasiswa S1 Keperawatan – Universitas Indonesia Maju)

Jam tangan pintar atau smartwatch awalnya dibuat untuk mempermudah kehidupan masyarakat urban dengan mobilitas tinggi. Kini, jam tangan pintar telah didesain sedemikian rupa tak hanya menunjang penampilan tetapi juga membantu penggunanya untuk menjaga dan memperbaiki pola gaya hidup sehat sehari-hari.

Di dunia lifestyle, jam tangan pintar atau jam tangan kesehatan menjadi barang tersier yang diincar banyak orang. Pertanyaannya kini, apa saja sih keuntungan jam tangan kesehatan? Berikut ini poin penting manfaat memiliki jam kesehatan untuk kehidupan sehari-hari.

Mampu Mengukur Saturasi Oksigen
Saturasi oksigen dalam darah (SpO2) adalah salah satu faktor terpenting kesehatan manusia. Bahkan di era pandemi seperti sekarang, mengukur saturasi oksigen menjadi hal yang vital saat hendak hilir mudik ke berbagai tempat. Beberapa jam kesehatan mampu mengukur fungsi SpO2 dalam darah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi fisik penggunanya.

Sistem Penilaian Kesehatan PAI
PAI (Personal Activity Intelligence) adalah sistem penilaian kesehatan yang menggunakan algoritma untuk mengubah data kompleks seperti detak jantung, durasi aktivitas, dan data kesehatan lainnya menjadi satu nilai intuitif bagi pengguna untuk memahami keadaan fisik mereka dengan mudah. Dengan fitur ini, jam dapat menyediakan sistem penilaian kesehatan yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna berdasarkan data kesehatan mereka.

Mampu Memantau Kualitas Tidur
Tidur malam yang nyenyak adalah prioritas utama masyarakat dunia modern. Jam tangan pintar mampu mendukung pemantauan tidur mendalam dengan menentukan tahapan tidur secara akurat, melacak kondisi pernapasan saat tidur, dan memberikan analisis kualitas dan saran untuk peningkatan kualitas tidur anda. Jam tangan pintar juga dapat memantau kualitas tidur siang selama lebih dari 20 menit untuk merekam informasi tidur penggunanya secara lebih lengkap.

Memantau Tingkat Stres
Stres adalah penyebab dari banyak masalah kesehatan. Ada jenis jam tangan pintar yang memungkinkan pengguna untuk memonitor tingkat stres — dari santai, normal, sedang, atau tinggi — sepanjang hari. Pemantauan ini dapat membantu menenangkan diri saat merasa tertekan.

Memiliki Mode Olahraga
Jam tangan pintar biasanya memiliki puluhan mode olahraga built-in untuk menunjang gaya hidup aktif pengguna. Fungsi cerdas yang terdapat pada jam tangan pintar ini secara otomatis dapat mengaktifkan fitur monitoring kebugaran begitu penggunanya mulai menggerakkan tubuh. Sistem ini juga dapat menghasilkan laporan analisis setelah pengguna selesai berolahraga.

Bisa Dipakai Berenang
Banyak jam tangan kesehatan seperti Amazfit, memberikan fitur waterproofing profesional yang menawarkan perlindungan hingga kedalaman 50 meter dan dapat dikenakan tanpa rasa khawatir untuk penggunaan sehari-hari bahkan pada saat berenang.

Memiliki Fitur Sehari-hari
Jam tangan jenis ini mampu membantu penggunanya menjalani gaya hidup dengan lancar, memberi tahu pengguna tentang panggilan masuk atau pesan yang masuk ke ponsel cerdas penggunanya dan memberikan pengingat untuk bangun dan meregangkan tubuh saat pengguna duduk terlalu lama. Jam tangan ini juga dapat melacak aktivitas harian pengguna (langkah, jarak, kalori), sambil menawarkan fungsi “Jangan Ganggu” dan stopwatch, serta mengaktifkan pengaturan alarm dan timer.

Di Indonesia, merek smartwatch sudah banyak sekali yang beredar jam tangan pintar terbaru ini menghadirkan perpaduan sempurna antara gaya dan kesehatan untuk anda yang menjalani gaya hidup aktif dan mendambakan penampilan modis dan untuk kesehatan.

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *