Sabtu , Maret 2 2024

Buku Pelatihan dan Pengembangan Website

Definisi Website

Sebuah website, atau dikenal juga dengan situs web, adalah sekumpulan halaman web yang ditampilkan dalam sebuah domain. Website disimpan di dalam server hosting yang dapat diakses lewat jaringan seperti jaringan Internet atau lewat jaringan area lokal lewat alamat Internet yang juga dikenal dengan nama Uniform Resource Locator (URL). Website yang dapat diakses tersebut secara kolektif disebut World Wide Web (WWW). Halaman web merupakan dokumen berisi teks yang ditulis (paling sederhana) dalam format Hyper Text Markup Language (HTML). Halaman web dapat memanggil elemen-elemen lain yang biasa ditampilkan dalam sebuah web, seperti elemen gambar, video, dan sebagainya.

Bagaimana Sebuah Website Dapat Diakses?

Website diakses melalui Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) atau melalui HTTP Secure (HTTPS) yang merupakan jalur terenkripsi untuk memberikan keamanan dan privasi bagi konten website. Peramban (browser) adalah alat yang digunakan pengguna untuk mengakses halaman web yang disimpan di server hosting. Ketika pengguna mengakses internet melalui browser, browser tersebut akan mengirimkan sebuah HTTP request. Request tersebut terhubung ke web server melalui Internet Service Provider (jasa penyediaan akses internet). Beberapa ISP yang dikenal di Indonesia di antaranya adalah Telkom Speedy, Telkomsel, Indosat, dan lain-lain.

Kapan Website Harus Digunakan

Di jaman teknologi informasi seperti sekarang, distribusi informasi merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah lembaga. Jika lembaga Anda berhubungan dengan publik dan sangat penting bagi lembaga tersebut untuk memberi informasi secara langsung, maka di saat itulah website perlu digunakan. Karena informasi memiliki berbagai macam bentuk dan kapasitas, maka penggunaan website harus sesuai dengan tujuannya terlebih dahulu. Target pengunjung pun penting sebagai pertimbangan akan dibuat seperti apa website tersebut.

Tujuan Pengadaan Website

Hal yang perlu ditentukan sebelum ke langkah pembangunan website adalah tujuan yang jelas untuk apa website itu dibuat. Karena keberagaman fungsi website, maka setiap tujuan pasti ada teknik pembuatan yang berbeda, walaupun pada kenyataanya bisa saja pembuatan website memiliki beberapa tujuan.

  • Company Profile, ketika sebuah institusi ingin diperkenalkan kepada publik, maka jenis website yang paling tepat adalah pembuatan website company profile. Website company profile berisi informasi menyeluruh tentang institusi tersebut, mulai dari sejarah lembaga, kontak, visi dan misi, identitas, serta struktur institusi. Kebanyakan laman dari website ini berjenis laman statis.
  • Portal Berita, website yang bertujuan sebagai portal berita biasanya memiliki sirkulasi konten yang sangat dinamis. Di laman depan website ini langsung terlihat kumpulan berita yang terkategorikan dan menu navigasi, sehingga memudahkan pengunjung untuk menentukan konten yang mereka cari.
  • Commerce, website e-commerce bertujuan untuk kepentingan komersial seperti menjual produk, baik produk hardware maupun software. Ciri paling jelas web tersebut adalah adanya galeri produk yang akan dijual serta proses pembayaran yang dapat langsung diproses secara online.
  • Blog, weblog atau biasa disebut blog merupakan website yang berisi tulisan (biasanya berbentuk tulisan naratif) yang disusun secara kronologis diurutkan dari artikel yang paling baru. Blog biasanya lebih bersifat pribadi yang diisi oleh seseorang. Karena konten utama dari blog adalah tulisan naratif tersebut, biasanya laman depan blog langsung berisi konten tersebut, dilengkapi dengan sidebar yang berisi arsip tulisan.
  • Aplikasi berbasis web, website yang berupa aplikasi adalah website yang bertujuan khusus untuk mengolah data atau kebutuhan spesifik lainnya. Contoh dari aplikasi berbasis web adalah layanan email berbasis web, layanan kemahasiswaan, atau layanan registrasi.

Baca selengkapnya melalui Buku “Modul Pelatihan dan Pengambangan Website” Universitas Padjadjaran.

JUDUL: MODUL PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN WEBSITE

Universitas Padjadjaran, 2017

Link Download: https://support.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/Modul-Pelatihan-Pengembangan-Website.pdf

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *