Sabtu , Juni 22 2024

Siapa Sosok Dibalik Penemuan Bitcoin?

JAKARTA – Siapa sebenarnya sosok dibalik penemuan Bitcoin? Sosok pencipta uang kripto bitcoin menurut CEO Tesla Elon Musk adalah Satoshi Nakamoto (Nick Szabo). Menurutnya, pakar dari cryptocurrency itu tidak lain adalah sosok yang paling bertanggung jawab terhadap penemuan Bitcoin. “Dia (Szabo) tampaknya menjadi orang yang lebih bertanggung jawab atas ide-ide dibalik bitcoin daripada orang lain,” kata Musk dikutip dari Business Insider.

Menurut Musk, Szabo kerap kali mengaku bukan Nakamoto. Tapi orang terkaya di dunia itu tetap percaya Szabo adalah Nakamoto, karena ide-ide yang sering ia paparkan menunjukkan pengetahuan mendalam soal bitcoin.

Satoshi Nakamoto adalah nama anonim yang digunakan oleh pencipta cryptocurrency Bitcoin. Meskipun nama Satoshi Nakamoto sering identik dengan Bitcoin, orang yang sebenarnya diwakili oleh nama tersebut tidak pernah ditemukan, membuat banyak orang percaya bahwa itu adalah nama samaran untuk seseorang dengan identitas yang berbeda atau sekelompok orang.

Bagi kebanyakan orang, Satoshi Nakamoto adalah karakter paling misterius dalam cryptocurrency. Hingga saat ini, tidak jelas apakah nama itu merujuk pada satu orang atau sekelompok orang. Yang diketahui adalah bahwa Satoshi Nakamoto menerbitkan sebuah makalah pada tahun 2008 yang mengawali perkembangan cryptocurrency.

Jurnal, Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System, menggambarkan penggunaan jaringan peer-to-peer sebagai solusi untuk masalah pengeluaran ganda. Masalahnya—mata uang atau token digital dapat diduplikasi dalam banyak transaksi—tidak ditemukan dalam mata uang fisik karena tagihan fisik atau koin, menurut sifatnya, hanya ada di satu tempat pada satu waktu. Karena mata uang digital tidak ada di ruang fisik, menggunakannya dalam transaksi tidak serta merta menghapusnya dari kepemilikan seseorang. Pada 2014, tim peneliti linguistik mempelajari kesamaan buku putih bitcoin yang dibuat Nakamoto dengan tulisan Szabo, dan 10 pembuat konten lainnya. Peneliti itu menemukan hasil yang tak terbantahkan. “Jumlah kesamaan linguistik antara tulisan Szabo dan buku putih bitcoin luar biasa. Tidak ada penulis lain yang mungkin mendekati kecocokan,” ungkap peneliti tersebut.

Bitcoin merupakan aset digital dengan kinerja terbaik sejak Maret 2011. Annualized return atau imbal hasil uang kripto ini 230%. Berdasarkan data dari Coindesk, kapitalisasi pasar bitcoin mencapai US$ 883 miliar. Bahkan sempat menyentuh US$ 1 triliun tahun ini.

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *