Sabtu , Juni 22 2024

Manfaat Minuman Jahe (Zingiber officinale) bagi Tubuh

(Ditulis oleh Asri Risma Aprilyanti, mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Indonesia Maju)

Tanaman jahe memiliki nama latin zingiber officinale var rubrum rhizoma. Diantara tanaman herbal lainnya, jahe merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang paling popular di kalangan masyarakat, bahkan ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan mengurangi gejala berbagai penyakit. Ketika cuaca hujan dan dingin orang-orang biasanya membuat minuman jahe untuk menghangatkan tubuh. Selain karena rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat terutama mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari tanaman jahe yang perlu kita ketahui diantaranya: 

  1. Mengurangi Reaksi Alergi
    Minuman jahe ini dapat meredakan reaksi alergi. Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe dapat menenangkan respons peradangan yang disebabkan oleh alergi. 
  2. Menurunkan Berat Badan
    Mengkonsumsi jahe merupakan cara alami dan sehat untuk menurunkan berat badan, meskipun klaim ini perlu penelitian lebih lanjut, minuman teh jahe hangat memang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang. 
  3. Meredakan Nyeri Haid
    Penelitian telah menunjukan bahwa minuman jahe dapat meredakan nyeri haid, bahkan ada penelitian yang menunjukan bahwa jahe sama efektifnya sebagai pereda nyeri dalam mengatasi kram saat menstruasi.
  4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot
    Tidak hanya untuk meredakan nyeri haid, namun jahe juga sudah lama dikenal dapat meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat karena memiliki sifat anti-inflamasi. 
  5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung
    Berbagai penelitian menunjukan bahwa kandungan antioksidan, mineral dan asam amino dalam jahe dapat membantu melindungi dari penyakit jantung. Minuman jahe juga dapat memperlancar peredaran darah, menurunkan kolesterol, meredakan sakit maag, mencegah serangan jantung serta menurunkan tekanan darah. 

Minuman jahe dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah asupan jahe yang aman. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, minuman jahe dapat dapat menyebabkan kembung hingga mulas. Pastikan mengonsumsi jahe tidak lebih dari 5 gram per-hari. Anda juga bisa membuat seduan jahe di rumah, caranya adalah: 

  1. Cuci jahe yang akan digunakan (jahe biasa atau jahe merah) 
  2. Parut 1 sendok jahe yang sudah dicuci 
  3. Rebus 4 gelas air sampai mendidih 
  4. Masukan parutan jahe ke dalam air mendidih dan diamkan 5-10 menit  
  5. Saring air jahe  
  6. Tambahkan madu, lemon atau jeruk nipis
  7. Minuman jahe siap dinikmati

About ProSciences

8 comments

  1. Waah makasii atas ilmunya kaa🙏

  2. Apakah bisa di konsumsi setiap hari?
    Apa efek samping dri minuman jahe

  3. Makasih kaka ❤️

  4. memang benar manfaat jahe banyak sekali

  5. Bagus👍

  6. Ini sangat membantu good job 👍

  7. Terimakasih tips nya👍👍

  8. Terimakasih semoga tips nya bermanfaat buat semua orang👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *