Sabtu , Juni 22 2024

Jaringan 5G Mulai Bisa Diakses oleh Pengguna iPhone di Indonesia

JAKARTA – Buat kamu pengguna iOS atau iPhone, kini sudah mulai bisa loh menikmati jaringan 5G di Indonesia. Hal ini tentu menjadi angin segar pasalnya Apple dikabarkan telah menggelontorkan update (pembaruan) software yang memungkinkan pengguna iPhone dengan jenis tertentu dapat mengakses jaringan internet 5G di Indonesia. Sebelumnya, pengguna iPhone 12 ke atas yang telah didukung konektivitas 5G, belum bisa mengakses jaringan 5G di Indonesia, karena belum ada operator Indonesia yang membuka akses 5G untuk perangkat iPhone. Dilansir dari Kompas Tekno dari MakeMac, Sabtu (5/2/2022), ada beberapa pengguna iPhone 12 yang menggunakan layanan Telkomsel mengaku telah mendapat “Update Carries Seetings”. Pembaruan itu bisa diunduh pengguna iPhone 12 ke atas untuk menampilkan pengaturan jaringan 5G.

Dengan adanya pembaruan tersebut (Update Carrier Settings), maka memungkinkan operator seluler untuk memperbarui jaringan operator dan pengaturan terkait untuk meningkatkan konektivitas serta kinerja pada jaringan seluler. Dengan kata lain, update ini dapat membuka akses iPhone ke jaringan internet 5G yang sebelumnya masih “dikunci”. Adapun model iPhone yang mendukung layanan 5G di antaranya:

  1. iPhone 12 series (iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max)
  2. iPhone 13 (iPhone mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max).

Tentu saja pembaruan ini adalah bentuk tanggapan pihak Apple setelah “didesak” untuk membuka akses layanan 5G di Indonesia. Diberitakan sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate telah mengingatkan pihak Apple untuk membuka “kunci” software lock di iPhone 12 dan iPhone 13 series sehingga bisa mengakses 5G di Tanah Air. “Kominfo sudah mengingatkan pihak Apple agar segera melakukan antisipasi agar perangkat iPhone dapat segera memberikan layanan 5G di pita 2,3 GHz,” kata Johnny.

Sebetulnya, lini iPhone 12 dan iPhone 13 telah mendukung layanan 5G di pita 2,3 GHz (n40) yang digunakan Telkomsel untuk menggulirkan 5G. Namun, masih butuh upgrade software agar perangkat bisa mengaksesnya. Selain mendukung pita 2,3 GHz yang digunakan Telkomsel untuk menggelar 5G, secara teknis kedua lini iPhone tersebut juga bisa digunakan untuk menikmati layanan 5G Indosat Ooredoo di frekuensi 1,8 GHz (n3). Namun, belum diketahui apakah iPhone 12 series dan iPhone 13 series sudah bisa mengakses layanan 5G dari operator lain atau belum. Selain Telkomsel, saat ini Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata sudah menggulirkan 5G secara komersil di Indonesia.

Cara download “Update Carrier Settings” di iPhone Pembaruan Update Carrier Settings akan muncul secara otomatis di menu “home” perangkat iOS apabila kartu seluler sudah mendukung jaringan 5G. Tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Kode carrier Telkomsel pada perangkat iPhone 12.(MakeMac)

Untuk memperbarui, cukup tekan “update”. Adapun kode pembaruan dari Telkomsel yang sudah mendukung 5G adalah 49.1.0. Kode ini bisa ditemukan di menu settings > general > about. Untuk mengatur layanan 5G Telkomsel di iPhone, buka menu settings > celluler. Kemudian, masuk ke nomor Telkomsel yang digunakan, lalu akses bagian Voice & Data. Pengaturan yang tersedia adalah 5G on, 5G Auto, dan 4G serta VoLTE. Pengguna bisa aktifkan mode 5G Auto yang artinya, jaringan akan berpindah secara otomatis jika daerah telah tercakup area 5G. Apabila daerah belum masuk cakupan 5G Telkomsel, maka mode seluler yang didapat adalah 4G.

(Sumber: tekno.kompas.com)

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *