Sabtu , Juni 22 2024

Merokok dapat Menyebabkan Kanker Paru-Paru dan TBC

Kanker merupakan penyakit yang berasal dari sel yang tidak terkendali dalam tubuh dan merusak sel yang sehat yang akan mempengaruhi semua organ tubuh. Kanker merupakan penyakit mematikan dan tidak menular tetapi kanker sangat ditakuti semua warga dunia karena merupakan penyakit dengan tingkat kematian tertinggi didunia. Kanker disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, meminum alkohol, tidak berolahraga, dll.

TBC merupakan penyakit yang berasa dari infeksi bakteri basil Mycrobacterium Tuberculosis. Penyakit ini merupakan penyakit termasuk tertinggi yang terinfeksi di Indonesia dan Dunia, Indonesia menduduki posisi ke-2 dengan penderita TBC terbanyak di dunia setelah China. TBC menular ketika seseorang yang tidak terinfeksi TBC berbicara lama, terkena bersin dari penderita dan satu tempat makan dengan penderita TBC. Yang beresiko terkena TBC yaitu perokok, tinggal dipadat penduduk dan kumuh, tenaga medis yang merawat orang yang terinfeksi TBC. Gejala TBC batuk berdarah, panas dingin saat malam hari, demam, pemebengkakan kelenjar getah bening, sesak nafas, kehilangan berat badan normal.

Zat-zat kimia pada rokok seperti Tar, Nikotin, Carbon Monoxide, Acetone, Methanol, Amonia, Pyrene, Karsinogen. Ketika rokok tersebut dibakar kemudian kita menghisap bukan hanya asap saja yang masuk akan tetapi juga partikel-partikel kecil dari bahan rokok tadi juga masuk ke dalam tubuh, ketika partikel tersebut masuk ke dalam tubuh itu akan membuat rusak sel-sel. Manusia mempunyai 100 triliun sel dalam keadaan tidak berbahaya namun jika kita merokok zat karsinogen inilah yang membuat sel kita menjadi ganas dan bermutasi, nikotin dan tar merusak imun respon imun bawaan tubuh dan menahan sel pencegah kanker, karsinogen penyebab tumor kanker. Terlebih lagi jika merokok 2 bungkus sehari akan membuat paru-paru menghitam akibat dari zat carbon monoxide. Merokok, minum kopi, makan gorengan pada saat bersamaan akan mengakibatkan penyakit hipertensi, diabetes, jantung, stroke dan paling bahaya kanker, memakan berlebihan glukosa, meminum kafein akan memperhambat sistem kardiovaskuler manusia ketika inuslin tidak bekerja secara normal dan metbolisme sel susah untuk mensekresikan glukosa disebabkan insulin tidak bekerja secara normal akibat berlebihan meminum kopi yang manis, soda, makanan yang bertepung maka akan terjadi pengumpalan darah atau kekentalan darah disistem kardiovaskuler.

Kanker bisa dikurangkan sakitnya melalui kemoterapi, meminum obat khusus. Gejala kanker paru-paru sulit bernafas, nafsu makan turun, berat badan turun drastis, jantung berdebar keras, batuk berdarah, batuk berdahak, pembengkakan kelenjar getah bening.

Bagaimana Cara Menghindari Rokok?

  • Berhenti secara total jika tidak bisa berhenti total kurangi merokok seminggu sekali.
  • Berolahraga agar paru-paru menghasilkan oksigen yang bersih untuk jantung dan paru-paru akan mengeluarkan CO2 atau partikel rokok yang telah dihisap.
  • Memakan sayur-sayuran dan buah.
  • Diet.
  • Minum air putih secukupnya kurangi kopi dan minuman bersoda.

Perokok aktif dapat mempermudah seseorang terkena TBC, pada dasarnya TBC disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycrobacterium Tuberculosis, penyakit ini ditularkan dari manusia yang terjangkit bisa jadi perokok berbicara terkena bersin dengan orang lain yang terinfeksi TBC.

Jadi Kenapa Bisa Perokok Aktif Terkena TBC?

Pada dasarnya rokok menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan sistem imun menurun. Jika perokok pasif terkena TBC kurang menjaga asupan makanan yang sehat, kurang aktivitas perokok pasif bisa terkena TBC dari tempat padat penduduk dan kumuh, berinteraksi dengan orang yang terjangkit TBC. Akan tetapi TBC bisa disembuhkan dengan obat-obat yang sudah tersedia di rumah sakit, hanya harus sabar karena meminum obatnya 6 bulan. Hal ini menantang untuk pasien TB. Karena biasanya, sepekan minum obat, sudah lumayan sehat, inginnya berhenti minum obat.

Apa Saja Gejala TBC?  

  • Nafsu makan kurang
  • Berat badan turun dari normal
  • Batuk berdarah
  • Panas tinggi
  • Panas dingin saat malam hari
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Penderita TBC akan mengalami anemia atau kekurangan darah dengan Hb kurang dari 13.

Bagaimana Cara agar Terhindar TBC?

  • Tidak merokok
  • Tidak berinteraksi dengan orang yang terjangkit
  • Memakai masker, mencuci tangan
  • Berolahraga
  • Memakan sayur dan buah serta daging
  • Meminum air secukupnya

STOP MEROKOK AGAR HIDUP SEHAT DAN HEMAT, LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI

(Ditulis oleh : ABRAR ZILZAL FULLIANI, mahasiswa Prodi S1 Gizi – Universitas Indonesia Maju)

About ProSciences

10 comments

  1. mantapp, fuck TBC badan gua jadi kurus

  2. Pembahasan nya bagus untuk mengikatkan apa akibat yg kita lakukan dr merokok dan membuat kita pun harus benar benar berpikir bagaimana menjalani pola hidup sehat

  3. Woww..luar biasa . Mantap artikel nya👍🏼

  4. Wow mantap artikel nya dapat menambah pengetahuan 🙏🏻

  5. Wah berguna sekali!

  6. Syamsul Ma'arif

    Apakah perokok pasif bisa juga terkena TBC?
    Jika sudah terkena TBC apakah bisa disembuhkan?
    Langkah apa yang efektif dalam penyembuhan TBC dalam waktu yg cepat?

  7. artikel yang sangat menarik untuk para perokok akut maupun pasif, next time lebih dikembangkan lagi mengenai sumber data terkait yang diperoleh🙌

  8. Artikel yg sangat membantu

  9. Informasi tersebut sangat bermanfaat sekali apabila disebarluaskan, karena jika tidak, orang-orang diluar sana khususnya perokok aktif agar lebih paham lagi, jangan hanya membakar uang saja namun dibalik merokok juga tidak baik bagi kesehatan baik paru-paru maupun jantung. Untuk sekarang mungkin belum ada efeknya akan tetapi nanti suatu saat baru keliatan jika penyakit tersebut dapat menyerang si perokok aktif.

  10. Menyadarkan untuk perokok pasif agar lebih berhati-hati dengan perokok aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *