Sabtu , Juni 22 2024

Kamu Masih Pakai Hard Disk (HDD)? Beralih ke SSD untuk Performa yang Lebih Baik

Jakarta – Prosciences.net – Anda mungkin tidak asing lagi dengan Hard Disk kan? Penyimpanan internal pada komputer atau laptop terdiri dari dua jenis, yaitu Hard Disk Drive (HDD) dan Solite Stade Drive (SSD). Keduanya tentu memiliki perbedaan baik dari sisi desain maupun fungsinya. Dari kedua jenis penyimpanan tersebut, manakah yang lebih unggul?

Bagi sebagian orang yang menginginkan performa yang lebih tangguh, pilihan mereka akan jatuh kepada SSD. Dari segi harga SSD memang lebih mahal ketimbang HDD, tetapi SSD tentunya menawarkan performa yang lebih baik ketimbang HDD. Agar lebih jelas, simak beberapa alasan berikut yang akan menjelaskan kenapa kamu harus mengganti HDD dengan SSD.

Kecepatan Baca dan Tulis Lebih Unggul

Karena SSD memiliki kecepatan yang lebih unggul dari HDD, tentunya SSD bekerja lebih baik. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 550 Mbps, sementara HDD kecepatan rata-ratanya mencapai 60 Mbps. HDD juga harus menunggu putaran sindle untuk mengakses data, lain halnya dengan SSD yang hanya menggunakan tenaga elektrik untuk mengakses data. Inilah mengapa kecepatan SSD lebih unggul dibanding HDD.

Booting Lebih Cepat

Ketika perangkat komputer/ laptopmu dinyalakan, apakah terasa begitu lama? Kalau iya, cobalah ganti HDDmu dengan SSD. Sensasi menyalakan komputer hanya dalam hitungan detik akan kamu rasakan ketika kamu menggunakan SSD.

Transfer File Lebih Cepat

Kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin mentransfer file berukuran besar dalam waktu yang singkat. SSD menawarkan kecepatan transfer file berkali-kali lipat ketimbang kamu memakai HDD.

Ketahanan (Tahan Guncangan dan Benturan)

Berbeda dengan HDD, SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Jadi, dapat dipastikan SSD lebih tahan guncangan. Perbedaan ini membuat SSD bekerja lebih baik dibanding HDD. SSD juga diyakini akan lebih awet dibanding HDD. Tanpa komponen yang bergerak, SSD sangat tahan dengan benturan.

Performa Multitasking Lebih Unggul

Untuk kamu yang sering bekerja dengan banyak aplikasi, komputer kamu tidak akan lambat ketika melakukan multitasking menggunakan SSD. Hal itu tentunya berkat kecepatan baca yang sangat tinggi.

Tidak Berisik

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya, tetapi menggunakan chip memori sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca data. Sehingga tidak akan mengeluarkan suara ketika digunakan.

Lebih Hemat Daya Listrik

Meski performanya yang jauh diatas HDD, ternyata SSD justru lebih hemat dalam penggunaan daya listrik. SSD membutuhkan daya kurang lebih 1 watt sedangkan HDD bisa mencapai 10 Watt.

Tidak Mudah Panas

HDD menerapkan unsur mekanik, hal itu membuatnya lebih cepat panas. Sedangkan SSD dijamin lebih tahan panas walaupun digunakan dalam waktu yang lama.

Lebih Ringan

Karena ukurannya yang lebih kecil ketimbang HDD, tentunya membuat bobot SSD lebih ringan. Komponen yang ada didalam SSD pun tidak sebanyak HDD.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus mengganti HDD dengan SSD. Walaupun lebih menguras biaya, kualitas dan performa yang ditawarkan oleh SSD tentu lebih menarik.

Sumber: Septa Amirudin via tek.id

About ProSciences

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *